Keutamaan Surah Al-Baqarah

     Surah al-Baqarah memiliki arti makna sapi. Dalam kosa kata bahasa arab, Baqarah sendiri merupakan arti Tunggal dari baqar (بقر) yang dapat digunakan untuk sapi betina atau jantan. Srah al-Baqarah merupakan surah yang termasuk dalam golongan madaniyyah (surah yang diturunkan setelah hijrahnya Nabi ke kota Madinah) yang berada di urutan kedua dalam mushaf setelah surah al-Fatihah. Surah ini terdiri dari 25.500 huruf, 6.120 kata dan 286 ayat jika mengacu pada hitungan ayat al-Kufy dan ‘Ali ibn Abi Talib. Surah al-Baqarah merupakan surah yang termasuk dalam sab’ ath-thiwal (7 surah yang panjang) bersama dengan Ali Imran, al-Maidah, an-Nisa’, al-An’am. al-A’raf dan Yunus. Surah as-sab’ ath-thiwal ini setara dengan isi dari kitab Taurat. 

Keutamaan Surah Al-Baqarah


Surah ini memiliki banyak faedah yang tersimpan di dalamnya. Ibnu Al-‘Arabi menjelaskan bahwasanya surah ini mengandung 1000 perintah, 1000 larangan, 1000 hukum, 1000 berita, maka orang-orang yang beristifadah dengan surah ini akan mendapatkan berkah dan orang-orang yang meninggalkannya akan mendapatkan nestapa. Jika sebuah rumah dibacakan surat ini, maka syaitan tak akan memasukinya selama 3 hari. Tentang keutamaannya, Imam Muslim menjelaskan sebuah hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

لا تجعلوا بيوتكم مقابر وإن الشياطين يفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

Jangan jadikan rumah-rumahmu seperti kuburan, karena sungguh para syaitan lari dari rumah yang dibacakan surah al-Baqarah di dalamnya.

Imam Muslim juga meriwayatkan sebuah hadis lainnya yang berbunyi:

لكل شيء سنام وسنام القرءان سورة البقرة وفي رواية سيدة أي القرءان أية الكرسى

Segala sesuatu memiliki inti, sedangkan inti al-Qur’an adalah surah al-Baqarah. Dalam riwayat lainnya inti dari ayat-ayat al-Qur’an adalah ayat kursi.

 

Sumber : Tafsir Shawi, Tafsir Ibn Katsir, Ad-Durrul al-Mashun

0 Komentar